Manipulasi Pengapian DC Pengganti AKI Dengan Capasitor

07.56
Manipulasi Pengapian DC Pengganti AKI - Performance sepeda motor akan meningkat jika pengapian / kelistrikan sempurna, motor dengan cdi dc akan bekerja dengan baik jika aki masih dalam keadaan normal, belom soak nah bagai mana jika motor dengan CDI DC tidak ada aki, apakah motor dapat bekerja dengan baik ?

Motor CDI DC
Pengapian motor dengan cdi dc, sudah bisa dipastikan aki motor merupakan sumber catu daya yang dibutuhkan agar cdi dapat bekerja normal, tanpa aki pun motor dengan cdi dc tetap bisa menyala selama kiprok masih bekerja dengan baik, akan tetapi tegangan atau catu daya yang diterima cdi tidak stabil tergantung dengan tingginya gas / rpm, dan hal ini dapat mempengaruhi kerja cdi, catu daya DC yang tidak stabil dapat mempengaruhi kerja cdi juga dapat merusak cdi.

Manipulasi Pengapian DC Pengganti AKI
Sebelum artikel manipulasi pengapian dc pangganti aki di bahas, bagi sahabat yang masih mempunyai aki di sepeda motornya tapi akinya sudah tidak bisa menyimpan listrik dengan baik, penulis bisa berikan tips cara memperbaiki aki, baca:cara memperbaiki aki kering, baca: cara memperbaiki aki basah yang soak.Capasitor pengganti aki.

skema rangkaian Pengganti aki
Skema Rangkaian Pengganti Aki


Capasitor Pengganti AKI
Ada beberapa alasan orang tidak mau mengganti aki motornya yang rusak, bisa dipastikan kerana harga aki yang mahal, sehingga aki dibiarkan saja terpasang di motor sekalipun sudah tidak bisa menyimpan listrik lagi, aki dalam keadaan rusak sebaiknya dilepas dari motor atau sambungan kabel tidak dipasang, jika dipaksakan bisa saja merusak kiprok itu sendiri karena aki bisa menjadi beban memungkinkan tegangan listrik yang disupply ke cdi menjadi drop, point kedua yang sering terjadi aki dilepas dari motor, cara ini sering sekali penulis jumpai, memang motor tetap menyala tapi tegangan dc yang diterima cdi tidak stabil dan ini mempengaruhi kinerja cdi, pengaruhnya performance motor menjadi berkurang. Pada tulisan kali ini penulis mencoba berbagi (share) cara murah memperbaiki pengapian dc pengganti aki dengan menggunakan kapasitor, sahabat bisa baca:manfaat pasang kapasitor di motor.

Share this :

Praktisi Sapu Jalanan, Berbagi itu indah sekalipun sudah jadi sampah (spele / terlalu mudah / sederhana) bagi mereka yang sudah ahli, akan tapi berarti buat seorang pemula.

Previous
Next Post »
0 Komentar

Berikan Testimoni, atau Komentar Sahabat
  • Silahkan tinggalkan komentar anda sesui dengan artikel diatas, komentar yang tidak sesuai dengan topik akan dihapus...,
  • Terimakasih atas testimoni-nya